.quickedit{ display:none; }

Minggu, 18 Oktober 2015

Panna Cotta

Mungkin sedikit ketinggalan ya, tapi sungguh saya baru merasakan enaknya panna cotta beberapa waktu lalu loh hihihi...mendapatkan kesempatan untuk mencoba dessert yang namanya Panna Cotta ketika mendapat undangan ultahnya teman di salah satu hotel di Semarang. Sudah kenyang makan main course saya mlipir ambil beberapa dessert, yang salah satunya Panna Cotta, tadinya cuek aja nggak saya baca nama dessertnya, tapi setelah saya mencobanya dan enak kemudian saya balik lagi ke meja buffet untuk membacanya, kemudian mengingat-ngingat namanya supaya nggak lupa (modus), dan dengan secepat kilat mengambil dua gelas kecil lagi hahahah! ^_____^

Thank you Mbak Nit, akhirnya saya bisa mencoba dessert yang terkenal berasal dari Italia ini, seperti biasa kalau ada yang enak suka pengen nyoba bikin sendiri, akhirnya browsing-browsing dan beberapa kali praktek, saya sudah coba panna cotta yang sebagian menggunakan susu cair dan sebagian menggunakan whipping cream dan kemudian mencoba yang seluruhnya menggunakan whipping cream dengan tambahan sedikit susu cair untuk pelarut gelatin bubuk.

Menurut saya yang mendekati rasanya adalah yang menggunakan whipping cream seluruhnya, karena yang menggunakan susu cair teksturnya seperti pudding, meskipun sebenarnya panna cotta memang sejenis pudding, tapi panna cotta yang saya makan waktu itu teksturnya sedikit padat dan so creamy! jadi untuk hasil saya lebih suka yang menggunakan whipping cream seluruhnya. No wonder, kalau harga segelas kecil panna cotta ini begitu mahal, bahannya aja mehong kok!

Kemudian untuk sausnya, saya menggunakan buah mangga dan strawberry yang diblender, rasanya ahmazing bo! hihihihihi...awalnya saya agak ragu untuk membuat panna cotta ini karena bahan utamanya yaitu gelatin yang kebanyakan non halal sementara yang bubuk juga masih banyak yang ragu akan kehalalannya tapi setelah saya search gelatin bubuk dengan merk gelita "Halal" oke noted!. Pulang dari anter kakak les tari bali, kami mampir di Tbk langganan, kemudian saya tanya sama spgnya, jual gelatin dengan merk Gelita gak mbak? Dia bilang ada dan menunjuk rak tempat gelatinnya, kemudian untuk meyakinkan diri, saya tanya lagi, Mbak ini gelatinnya halal kan? si Mbaknya bilang, Halal..Ci! (euhhhh...dipanggil nci lagihhh...paling sebel dehhh woiiii...mata gw gak siipit kelessss!) setelah itu saya ngacir dengan muka jutek >,<

Baiklah, abaikan saja kejutekan saya gegara panggilan itu hihihihi, Membuat Panna Cotta ini cukup mudah dan tidak perlu banyak waktu loh gals, resep ini saya ambil dari berbagai sumber dan sudah saya modifikasi. Nah kalau masih belum nemu resep Panna Cotta yang super creamy bisa dicoba resep ini cyn, kita bikin Panna Cottanya yukk!

Mari mlipirr :)

.: Panna Cotta :.
by : yurike sasaki


Bahan-bahan :
500ml whipping cream
2,5sdt munjung gelatin bubuk campur dengan 50ml susu cair, aduk rata, biarkan hingga larut
80gr gula pasir
1/2sdt ekstrak vanilla

Bahan saus:
1,5sdt gelatin bubuk, tim dengan 2sdm air hingga mencair
1bh mangga, kupas, potong-potong, 50ml air matang, blender
10bh strawberry, 50ml air matang, 1sdm gula pasir, blender
pisahkan ke dalam 2 mangkuk yang berbeda, beri masing-masing 1sdm cairan gelatin, aduk rata, sisihkan.


Cara membuat :
Tuang whipping cream dan gula pasir ke dalam panci kecil, masak sambil diaduk terus menggunakan whisk hingga keluar buih, tuang cairan gelatin dan ekstrak vanilla, aduk rata. Angkat.


Tuang ke dalam gelas saji, dinginkan. masukkan ke dalam freezer agar cepat mengeras kurleb 20-30 menit, keluarkan. Tuang Saus diatasnya.

Masukkan kembali ke dalam kulkas, dinginkan beberapa jam sebelum disajikan. Panna Cotta siap dinikmati dengan keluarga tercinta ^____^






This is it!!! Panna Cotta ^^
Enjoy!








8 komentar:

  1. Hi mba yurike.... aq mo nanya nih,,, d tempat aq agak susah dapat whipp cream yg cair gitu. AdaX cuman whipp cr yg bubuk. Klo pke yg bubuk az boleh g? Trus klo mo buat jdi 500ml ntu gimana perbandingan air n whipp cr bubuknya? Tinggal nyampur az yah? G usah pke whisk lgi y mba? Maaf banyak nanya
    Makasih y mba n sehat slalu biar bisa terus bagi ilmu ma kita semua 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii juga..Amin Yra...terima kasih byk doa-nya ya mbak/mas. Sayangnya sy blm pernah menggunakan whipped cream bubuk utk membuat panna cotta ini jd tdk tau pasti jika hrs menggunakan yg versi bubuk, tp silakan dicoba mungkin sama enaknya. Takarannya 5sdm whipped cream bubuk dicampur dgn 250ml air/susu cair dingin (ini takaran 1/2 resep), klo boleh sy sarankan sebaiknya gunakan susu cair dingin (mis:susu ultra yg plain) spy rasanya lbh mantap, aduk saja seperti biasa hingga whipped cream bubuk larut kemudian ikuti cara membuat sesuai resep diatas. Untuk uji coba sy sarankan sebaiknya coba buat 1/2 resep saja dulu, jika dirasa sdh oke mngkn bs dibuat 1 resep, tp jika sdh mantap tinggal dikali 2 sj takaran whipped cream bubuknya (10sdm whipped cream bubuk + 500ml air/susu cair dingin) lalu utk penggunaan gula pasir mungkin perlu dikurangi ya krn biasanya whipped cream bubuk rasanya sdh manis, demikian sedikit sharing dr sy mdh2an sedikit membantu ya, selamat mencoba :)

      Hapus
  2. Aku mau tanya berapa lama panacotta bertahan di suhu ruang yang saya tau panacotta bisa cair?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sebenarnya belum pernah mencoba menyimpan pannacotta dalam suhu ruang di waktu yang lama, karena biasanya langsung dimakan setelah saya simpan di dalam kulkas. Tapi sepertinya pannacotta akan tahan dalam suhu ruang dalam waktu yang cukup lama sekitar 3-4jam masih oke (saya pernah lihat display pannacotta di hotel dalam waktu beberapa jam dan teksturnya tetap sama tidak berubah menjadi cair) karena meskipun tekstur pannacotta lembut, tapi sebenarnya agak padat karena pemakaian gelatin diresepnya ^__^

      Hapus
  3. Kenapa pannacotta yang saya buat selalu cair

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya atas resepnya, saya ambil resepnya sahaja lain tiada, dulu kini dan selamanya.

    BalasHapus
  5. Kalau di kulkas tahan berapa lama ya mba

    BalasHapus
  6. Kenapa ya panacotta saya kalau dikeluarkan dari kulkas sejam kemudian sudsh mencair. Apanya yang salah

    BalasHapus